Layanan telematika
merupakan sebuah layanan yang dilakukan melalui jaringan telekomunikasi, yaitu
layanan yang disediakan melalui perpaduan antara komunikasi, media dan
teknologi informasi. Berikut penjelasan berbagai macam layanan telematika yang
terdiri dari :
a. Layanan Telematika
di Bidang Informasi
Layanan yang pertama
adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk mengakses
berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan, memberikan
wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi kesulitan yang
dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
- Laporan Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
- Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik.
b. Layanan Telematika
di Bidang Keamanan
Layanan yang kedua
adalah layanan keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk
menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada
tempatnya. Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan :
- Antivirus memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
- Internet Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
c. Layanan Telematika
Context Aware & Event Based
Context-awareness
merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari layanan telematika context aware & event based :
- Location-based service mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
Layanan perbaikan
sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM).
SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang
telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan
SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
0 komentar:
Posting Komentar